Arsitektural untuk semua orang

Arsitektur tanpa wacana sama saja dengan berhala. Tiada alasan dan kata-kata terdiam seribu bahasa tak mampu menerawang kedepan akan kejadian selanjutnya atau mungkin hasil tempelan yang tak berarti. Cermatilah dan pahami.

Dan apalah arti sesuatu tanpa adanya rasa dan rasa adalah anugerah dari Sang Pemilik Rasa ( Tuhan ) sedangkan Jiwa adalah milik Tuhan. Berilah rasa pada setiap hasil mu, "skin sense" adalah bermain kulit untuk mencapai sebuah rasa. Karna kulit pastilah sama rasanya dari setiap insan manusia. Sedangkan bentuk tidaklah sama harapannya dari setiap manusia. Bentuk itu kaku tidak berubah ubah, maka berilah suasana disana yang mampu berubah-ubah. Bertanam rialah untuk menghadirkan suasana itu. Selain menyejukkan, kelestarian lingkungan juga tetap terjaga sampai akhir hayat.

Tercantum pada Q.S. al-Baqarah [2]: 11
Dan bila dikatakan kepada mereka:"Janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi". Mereka menjawab: "Sesungguhnya kami orang-orang yang mengadakan perbaikan."

Q.S. al-Baqarah [2]: 205
Dan apabila ia berpaling (dari kamu), ia berjalan di bumi untuk mengadakan kerusakan padanya, dan merusak tanam-tanaman dan binatang ternak, dan Allah tidak menyukai kebinasaan.

Dalam pengrusakan bumi yang kian terus menerus tidaklah langsung kita rasakan dampaknya tapi nanti…nanti akan dirasakan dampaknya pada anak cucu kita. Maka marilah menjaga kelestarian lingkungan demi anak cucu kita kelak nanti. Janganlah egois wahai manusia. Bumi ini milik setiap makhluk yang ada didalamnya.

Q.S. al-Jasiyah [45]: 13
Dan Dia telah menundukkan untukmu apa yang di langit dan apa yang di bumi semuanya, (sebagai rahmat) daripada-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang berfikir.

Q.S. an-Nahl [16]: 14
Dan Dialah, Allah yang menundukkan lautan (untukmu), agar kamu dapat memakan daripadanya daging yang segar (ikan), dan kamu mengeluarkan dari lautan itu perhiasan yang kamu pakai; dan kamu melihat bahtera berlayar padanya, dan supaya kamu mencari (keuntungan) dari karunia-Nya, dan supaya kamu bersyukur.

Ayat diatas menjelaskan bahwa Allah Swt telah memberikan kita karunia atas menundukkannya apa yang ada di lautan, langit dan bumi. Agar kita selalu bersyukur dengan cara menjaga ekosistem laut dan ekosistem lingkungan.

Tambahan, untuk sebuah masjid. Yang perlu diketahui bahwasanya ada larangan membuat tulisan Nama Allah SWT, Muhammad dan Kaligrafi Al-Quran di dinding. Silahkan dicari datanya di google.


Karya Zaha Hadid untuk Louis Vuitton

Zaha Hadid adalah seorang wanita dari iran yang berprofesi sebagai arsitek. Karya-karyanya sangat impresif dan unik serta memiliki ciri khas. Sangat tertarik akan karya-karyanya. Ternyata selain desain bangunan, Zaha hadid juga mampu mendesain produk. Desain produk yang dibikin adalah sebuah tas untuk Merk Louis Vuitton. Untuk bentuk produk bisa dilihat pada gambar dibawah.  

 

Gambar 1. Tas Karya Zahid untuk Louis Vuitton

0 komentar:

Post a Comment

 
Top