Kebocoran Jendela Almunium

Saat hujan tempat yang nyaman dan aman adalah rumah kita sendiri. Rumah ku adalah istana ku. Kurang lebih seperti itu lah peribahasanya. Tetaplah nyaman dan aman dirumah sendiri apa pun bentuknya, bebas bergerak dan  bebas berbuat apa pun selain itu jika bukan sendiri yang menyanjun lalu siapa lagi ^.^

Namun terkadang kita sebal disaat istirahat indah dirumah yang kita dambakan dan kita idamankan malah terusik dengan adanya kebocoran-kebocoran dimana mana dari air hujan. Kebocoran bisa terjadi dari atap yang longgar dan tidak rapat, bisa juga dari dinding yang retak atau berpori, bisa juga dari jendela.

webrenovasimurah.blogspot.co.id kali ini mencoba menjelaskan kebocoran-kebocoran pada jendela almunium. Ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian kita untuk mengantisipasi kebocoran dari jendela almunium. Dan beberapa hal tersebut adalah sebagai berikut:

- Kebocoran yang bersumber dari jendela almunium bisa berasal dari sambungan almunium yang tidak rapat atau adu manis dari potongan frame almuniumnya tidak rapat. Hal ini terjadi pada saat proses pemotongan yang kurang akurat dan kurang teliti sehingga disaat proses pekerjaan pemasangan terjadi rongga pada joint frame tersebut. Bisa diperbaiki tanpa membongkarnya dengan ditutup sealant namun perbaikannya perlu disetujui semua pihak yang terkait karna sangat mengganggu visual dari mata.

- Karet seal adalah lapis kedua untuk memproteksi atau melindungi dari kebocoran air hujan. Materialnya tidak mudah didapat dan perlu tenaga yang sangat ahli untuk memperbaikinya. Seal yang tidak menutupi seluruh bagian dari jendela almunium sangatlah tidak baik dan tidak bertanggung jawab pekerjaannya. Jadi ...tolong bekerja dengan hati.

- Stopper jendela, stopper ini pada dasarnya berfungsi sebagai ganjal atau pemberhenti daun jendela agar memaksimalkan fungsi daun tersebut. Kurangnya panjang dari stopper itulah mengakibatkan rongga/celah yang menjadi tempat sumbernya air masuk. Hal ini sangatlah sulit untuk memperbaikinya selain itu perlu tenaga ahli yang mengerti untuk memperbaikinya. Oleh karena itu hal tersebut sangatlah penting untuk menjadi perhatian kita agar tidak terjadi kurangnya panjang dari stopper.

- Sealant, sealant merupakan material yang paling sering digunakan pada jendela almunium. Sealant material yang baik dan senyawanya cukup rekat untuk mengisi rongga atau celah-celah pada frame almunium. Celah dan rongga tersebutlah yang menjadi sumber kebocoran oleh karena itu pastikan kembali pekerjaan sealant tersebut benar-benar menutupi dan mengisi seluruh rongga pada joint antar frame almunium dan frame almunium dengan dinding. Namun untuk memperbaiki celah dengan sealant tidak perlu tenaga yang sangat ahli dan materialnya pun mudah didapat.
Untuk produk atau merk almunium yang sangat terkenal dan terpecaya adalah merk YKK.
Demikianlah beberapa penjelasan kecil mengenai kebocoran jendela almunium. Sekian.


Gambar 1. Karet seal kurang panjang, joint frame almunium kurang baik, perbaikan dengan sealant


Gambar 2. Tidak adanya stopper daun jendela bawah.

1 komentar:

 
Top